Ujian Kenaikan Kelas

Dulu (mungkin sampai sekarang juga) saya kadang mikir, yang membuat timbul banyak pertanyaan di kepala saya macam;

"Kenapa ya Tuhan kok menakdirkan saya demikian?"
"Kenapa saya yang dipilih Tuhan untuk menjalani kisah hidup yang demikian?"
"Apa Tuhan gak kasian sama saya yang selalu iri sama teman-teman lain kalo liat mereka lagi minta beliin es krim ke Bapaknya?"
"Tuhan sebenernya mau memberi pelajaran apa sih buat saya?"

Jeleknya, kalo udah kelamaan mikir, saya tuh sukanya malah mengutuk diri saya sendiri. Lebih parah lagi kalo udah beranggapan jika Tuhan itu udah gak adil sama hidup saya, padahal kalo diyakini dalam keadaan waras, Tuhan Maha Adil, bukan?

Pertanyaan bergaris miring semacam di atas, kalo saya lagi gak ada kerjaan, sering mampir suka-suka. Padahal kalo udah mampir, ujung-ujungnya tetep aja gak ada jawaban ataupun kesimpulan yang bisa saya ambil, belum saya temukan lebih tepatnya. Kadang karena gak mau kepo-in Tuhan sama pertanyaan-pertanyaan yang dari dulu gak pernah berubah itu, kalo udah ada tanda-tanda kegabutan saya langsung ambil ancang-ancang biar gak jadi gabut. Ya ngapain gitu, makan kek, ngupil kek, baca buku, tidur, naik TJ, liatin orang lewat, paling sering ya dilarikan ke imajinasi tentang masa depan (itulah kenapa saya hobi banget bikin wacana). Jadi bagi kalian yang berkesempatan baca ini, kapan-kapan kalo lagi liat saya semangat bikin wacana, apapun itu, tolong biarin aja. Daripada nanti saya gabut, kalian juga kan yang repot? hehe. Saya tau kok kalo Tuhan itu gak pernah bosen dengerin celotehan saya. Tapi justru saya sendiri malah yang bosen kalo nanya itu-itu terus sama Tuhan :( Sebenernya banyak sih ujian hidup dari Tuhan yang dikasih ke saya biar bisa naik level. Tapi kadang kalo lagi kumat buat dipikirin dalem-dalem, ujung-ujungnya semua ujian hidup dari Tuhan itu balik lagi ke pertanyaan bergaris miring semacam di atas tadi. Mungkin hidup saya berbentuk lingkaran yang cuma punya satu poros, atau mungkin berbentuk suatu bidang yang punya satu sudut aja kali ya?

Dalam kurun waktu 20 tahun saya hidup di dunia, saya ketemu sama banyak orang (yaiyalah). Maksudnya gini, saat ketemu sama orang, saya tuh lebih suka dengerin cerita-cerita mereka. Soalnya kalo saya yang disuruh cerita, nanti malah kelamaan, nanti mereka bosen hehe :( itulah kenapa saya lebih suka berbagi cerita saya lewat tulisan. Banyak emang jadinya. Tapi gakpapa sih. Soalnya menurut saya, siapapun itu yang akhirnya memutuskan membaca cerita saya sampe titik terakhir, itu artinya mereka benar-benar peduli dan mau mendengarkan sedikit celotehan saya ini. Aseg. Lagian saya kadang mikir, kasian juga orang-orang yang terpaksa dengerin saya nyeloteh tentang hidup, sedangkan mereka dengerinnya setengah hati, kan malah bikin beban hidup mereka bertambah toh? jadi mending saya tulis aja di jurnal, atau kalo lagi sempet buka laptop ya ditulis di sini. walaupun saya tahu, nemu kesimpulan dari perenungan secara individu tuh kadang susah hehe. Balik lagi ke alasan kenapa saya lebih suka mendengarkan cerita orang lain: adalah biar saya banyak belajar dari mereka. Dengan mendengarkan kisah apapun itu dari siapapun itu, saya selalu merasa senang. Selain karena saya bisa punya bahan buat ditulis di jurnal (hehe), saya juga akhirnya sadar kalo semua orang itu punya jalan hidupnya masing-masing. Saya makin sadar kalo Tuhan itu Maha Kaya, bisa bikin banyaaaaaak banget skenario kehidupan buat umatNya.

Hari ini, saya menemukan salah satu akun di instagram, namanya @proud.project. Berawal dari pertanyaan "apa momen paling broken dalam hidup?" semua partisipan di dalamnya menceritakan satu persatu bagaimana mereka bertemu dengan yang namanya cobaan hidup, masalah, apapun itu yang sekaligus membuat mereka bertemu juga sama yang namanya pelajaran hidup. Dalam kitab suci agama saya, ada satu ayat berbunyi:

“Sungguh, Kami benar-benar akan menguji kamu sekalian agar Kami mengetahui orang-orang yang berjuang dan orang-orang yang sabar di antara kamu sekalian.” (QS. Muhammad : 31)

Bahwa Tuhan saya tuh ingin tau sejauh apa kualitas perjuangan hambaNya dalam hidup, dan seberapa banyak pula jumlah kesabaran yang saya dan kalian semua coba kumpulkan di dunia. Tolak ukurnya lewat apa? ya lewat ujian-ujian hidup masing-masing. Jadi ya bersyukur buat kita-kita yang ternyata berkesempatan dapat ujian, itu tandanya Tuhan perhatian :)

Kalo kata Ibu saya sih, ujian hidup itu ibarat ujian naik kelas. Kalo kita skip, gak ikutan ujian kenaikan kelas, nilai kita di raport nanti kosong, gak naik kelas deh. Sama kayak ujian hidup. Kalo mau naik ke level selanjutnya, ya harus mau menyelesaikan tantangan yang ada. Saya yakin teman-teman -pun saya, sudah hafal banget sama teori ujian hidup macam ini. Sampe bosen mungkin. Tapi sudah berapa banyak kita belajar tentang ujian hidup dari orang-orang di sekitar kita? Sudah berapa banyak kita sadar jika banyak lho orang-orang terdekat kita yang juga butuh didengarkan kisahnya contohnya saya, engga deng. Eh tapi emang bener sih, siapa coba yang gak pengen didengerin? Sesingkat apapun durasinya, orang itu pasti pengen loh kisahnya didengerin. Atau dibaca kalo misalnya dia lebih suka bercerita lewat tulisan. Atau kalo ada temen yang tiba-tiba posting tidak biasa di media sosialnya (( contohnya sekarang tuh kayak ig story hehe )) berarti emang ada apa-apa yang pengen diceritain, Cuma bingung aja kadang gimana caranya. Well, itu menurut saya sih hehe, gak usah digeneralisir.

Tapi, kadang saya sendiri mendadak seneng aja, kalo tiba-tiba ada yang nanyain apapun itu yang berkaitan sama tulisan yang udah saya buat. Tandanya he/she cares about me. Meyakini kalo kehidupan yang makin urban di sekeliling teman-teman saya tuh tidak membuat mereka jadi makluk yang makin egois nan individualis. Halah. Barangkali dengan sama-sama bercerita dan saling merasakan, kita bisa saling menemukan kesamaan dan mencapai satu kesimpulan untuk jadi pelajaran masing-masing. Ea. Kalo di atas saya bilang jika belum ada kesimpulan, atau istilahnya pelajaran paling berharga dari kisah hidup yang Tuhan takdirkan untuk saya, tandanya memang saya masih kurang mendengarkan lebih banyak kisah hingga nanti bener-bener ketemu sama yang sama. Jadi yuk sama-sama belajar lebih banyak lagi!

Bersumber dari instagram yang saya sebutkan tadi, beberapa saya bagikan gambarnya disini. Semoga bisa saling menyemangati dan mendoakan, juga menjadi self reminder pada masing-masing. Dan dari beberapa postingan yang saya bagikan di bawah ini, saya sadar, kalo saya gak sendirian. Ya walaupun kisahnya pasti beda, tapi kurang lebih punya satu kesamaan: sama-sama ujian hidup yang berasal dari lingkaran terdekat bernama keluarga. *apasih*. Kesadaran akan "saya gak sendirian" itu sebenarnya udah ada sejak lama, tapi kadang saya sering lupa. Mangkanya kenapa saya suka nyari-nyari hal-hal semacam ini, adalah supaya saya selalu inget, supaya kesadaran akan "saya gak sendirian" itu makin kuat. Karena saya yakin, semua orang punya bagian-bagian kehidupan yang membuat dia sempat jatuh, right? Jadi saya selalu percaya, bahwa saya gak pernah merasa jatuh sendirian.


*kemudian bengong kenapa jadi nulis kayak gini*





Komentar

  1. Allah pembuat skenario terrbaik untuk kehidupan hambanya kok mbk lin. Dulu aku juga selalu mikir begitu, selalu ngerasa sendiri (apalagi dulu aku gak punya saudara kandung), tapi ya karena ujian-ujian itulah kita jadi lebih kuat, mandiri, dan gak cengeng (gak cengeng saat banyak orang tapi nangis sendiri kalo sendirian wkwk gadeng). Tapi bener, kita jadi punya banyak cerita dan pengalaman loh :)) semangat kakaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kupercaya itu, Di. dan sejatinya, setiap orang yang kita temui adalah guru kehidupan, asal bisa belajar sama mereka aja :)

      Hapus
  2. Wah. Keren deh gagasan yang diangkat sama akunnya itu. Ningkatin rasa syukur dan nguatin diri pastinyaa pas tahu banyak orang di luar sana punya pengalaman broken yang bermacam-macam. :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa Chaq, seneng liat akun ini. banyak banget belajar dari narasumber di dalamnya. bikin kita sadar kalo hidup itu warnanya banyak bangett

      Hapus

Posting Komentar

Kisah lainnya

Terimakasih, Maluku, Aku Beruntung Menjadi Minoritas.

Dua Abad Perjuangan Nona dari Negeri Abubu, Martha Christina Tiahahu

Salam Manis dari Maluku